SOLID STATE DRIVE

Sabtu, 11 Juni 2011

Sebagian orang pasti akan bertanya-tanya Apa itu Solid State Drive? Orang-orang pecinta computer pasti sudah tahu apa itu Solid State Drive. Dalam postingan kali ini saya akan membahas secarara singkat tentang Solid State Drive.

Solid State Drive atau bisa disingkat SSD adalah sebuah hardware computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Kita pasti berpikir bahwa media penyimpanan pada computer adalah harddisk namun Solid State Drive ini juga memiliki fungsi yang sama dengan harddisk. Bedanya Solid State Drive ini memiliki transfer data yang lebih cepat daipada harddisk yakni mencapai 200MBps untuk kecepatan read maupun write.

Dengan kecepatan yang lumayan besar ini kita sebagai pengguna akan dapat mempercepat pemindahan data atau copy data yang berukuran besar. Jadi yang baru menggunaka Solid State Drive akan terkejud dengan kecepatannya yang wah. Solid State Drive ini menggunakan konektor SATA dengan fungsi Hot Plug.

Namun meski memiliki fitur yang wah, Solid State Drive memiliki sebuah kekurangan yang cukup signifikan yakni harganya yang masih “Premium”. Jadi kalau kita ingin memiki Solid State Drive ini kita perlu merogoh kocek lebih dalam dari pada Harddisk. Dengan kekurangan tersebut diperkirakan Solid State Drive ini belum mampu untuk menggantikan posisi harddisk sebagai media penyimpanan. Tak heran jika Solid State drive ini hanya digunakan untuk keperluan “load operating system” saja bukan untuk media penyimpanan.






Sumber  : Google

0 komentar:

Posting Komentar