BIOPSI MAMMAE

Minggu, 22 Januari 2012

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam mendiagnosa suatu tumor atau kelainan tubuh lainnya diperlukan pemeriksaan yang teliti baik secara klinis, radiologis maupun histopatologis. Untuk pemeriksaan histopatologis diperlukan jaringan tubuh yang didapat dengan cara biopsi atau operasi dan diperiksa di laboratorium Patologi Anatomi dengan menggunakan mikroskop cahaya. Hasil pemeriksaan Patologi Anatomi diperlukan untuk menegakkan diagnosa  dan menentukan prognosa serta rencana pengobatan. Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat sampel harus diambil pada bagian yang representatif dari suatu jaringan sehingga dapat mewakili keadaan yang sebenarnya.

BAB II
PEMBAHASAN

Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.
Kanker payudara dapat dibedakan menjadi 2 yaitu cystic dan solid. Cystic adalah suatu kanker yang berupa gelembung yang dilapisi selaput tebal dan di dalamnya terdapat cairan, sedangkan solid adalah suatu tumor yang memadat. Selain kanker dalam suatu biopsi atau mastektomi dapat juga ditemukan suatu aksesoris mammae yaitu suatu bentukan berupa serat-serat jaringan lemak tetapi keras.

Jenis sampel jaringan:
A.    Biopsi mammae dan eksisi (pengeluaran) setempat
Biopsi adalah pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium.
Beberapa tipe dari biopsi adalah :
§  Biopsi kapsul, untuk mengambil sampel dari lapisan usus.
§  Biopsi endoskopik, yaitu pengambilan sampel jaringan menggunakan alat yang disebutendoskop
§  Biopsi jarum, untuk mengambil jaringan dari organ tubuh atau jaringan di bawah kulit.
§  Biopsi eksisional, untuk mengambil bagian lebih besar dari jaringan.
§  Biopsi dengan alat untuk membuat lubang (punch biopsy), untuk mengetahui kondisi kulit.

Cara:
Ukur jaringan sebelum dipotong dan timbang berat jaringan.
Penjelasan:
1.      Mula-mula ukur dan tentukan konsistensi jaringan.
2.      Jika ada kista harus diukur dan tentukan warna dan zat isinya, jika ada tumor ukur dan tentukan warna serta konsistensinya juga.
Sediaan untuk pemeriksaan histopatologi :
1.      Jika jaringan kecil seluruhnya masukkan maksimal 3 kasset.
2.      Jika jaringan besar lakukan lamelisasi dan buat maksimal 3-5 kasset.
3.      Jika ada tumor atau daerah yang mencurigakan ambil seluruhnya dan buat beberapa sediaan.
·         Jika sampel berupa tumor cystic maka diambil potongan jaringan pada perbatasan selaput pada tumor cystic dengan jaringan yang diperkirakan normal.
Potong jaringan dengan ukuran 2 cm x 2cm x 0,5 cm, kemudian masukkan ke dalam kasset tissue, lalu masukkan ke cairan fiksasi.

·         Jika jaringan berupa tumor solid maka diambil potongan jaringan pada perbatasan jaringan abnormal dengan jaringan yang diperkirakan normal atau bisa diambil sampel potongan jaringan dari jaringan abnormal saja(tumor itu sendiri)
Potong jaringan dengan ukuran 2 cm x 2cm x 0,5 cm, kemudian masukkan ke dalam kasset tissue, lalu masukkan ke cairan fiksasi.

B.     Mammae mastektomi
Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Ada 3 jenis mastektomi
§  Modified Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara, jaringan payudara di tulang dada, tulang selangka dan tulang iga, serta benjolan di sekitar ketiak.
§  Total (Simple) Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan seluruh payudara saja, tetapi bukan kelenjar di ketiak.
§  Radical Mastectomy, yaitu operasi pengangkatan sebagian dari payudara. Biasanya disebut lumpectomy, yaitu pengangkatan hanya pada jaringan yang mengandung sel kanker, bukan seluruh payudara. Operasi ini selalu diikuti dengan pemberian radioterapi. Biasanya lumpectomy direkomendasikan pada pasien yang besar tumornya kurang dari 2 cm dan letaknya di pinggir payudara.


Cara :
Pada hari pertama timbang berat jaringan serta teliti jaringan dengan seksama.
1.      Pada kasus radikal mastektomi gunakan jaringan lemak sebagai petunjuk untuk bagian lateral dan bagian otot sebagai petunjuk untuk bagian sisi atas. Kemudian tempatkan jaringan pada papan dengan bagian bawah keatas dan bagian atas kebawah. Perhatikan bagian pertemuan atas 1/3 bagian tengah dari serabut otot pectoralis mayor yang hampir dekat horizontal.
2.      Memotong kelenjar getah bening secara berikut:
Radikal mastektomi:
a.       Susunlah otot-otot pectoralis dan lipat ketiak menurut posisi anatomi. Lipat ketiak kadang-kadang tersobek selama operasi , bila tersusun baik akan membentuk garis melebar seperti kipas. Masa lemak melebar keatas lateral melewati permukaan belakang pectoralis minor.
b.      Gunakan otot pectoralis minor sebagai petunjuk, lalu lipat ketiak dibagi menjadi 3 bagian:
1.      Level 1 : ( bagian bawah ): bagian bawah kebatas bawah otot.
2.      Level 2 : ( bagian tengah ): antara batas atas kebawah batas bawah otot.
3.      Level 3 : ( bagian atas )     : bagian atas kebawah batas atas otot.
Lalu angkat masing-masing dan fiksasi semalam.

c.       Sisihkan otot pectoralis minor dan cari kelenjar getah bening interpectoralis. Ini biasanya ditemukan dekat ujung lateral dari permukaan bawah pectoralis mayor. Jika tidak ditemukan kelenjar getah bening, ambil bagian lemak dari bagian ini untuk pemeriksaan histopatologis. Kemudian sisihkan otot pectoralis mayor dan cari perlusan tumor.

Modifikasi mastektomi:
a.       Mula-mula pisahkan lipat ketiak dari mammae.
b.      Karena petunjuk yang digunakan dalam radikal mastektomi tidak ada maka jaringan lipat ketiak dibagi dua, sebagian letakkan lebih tinggi dan lainnya letakkan lebih bawah kemudian fiksasi satu malam dalam botol terpisah.
3.      Angkat puting susu dan areola mammae dengan pisau dan awetkan satu malam.
Guna dari pembuatan sediaan jaringan dari puting dan areola mammae yaitu untuk mengetahui metastase dari kanker itu sendiri.
Jika suatu kanker berada didaerah atau metastasenya sudah sampai disekitar putting maka akan menyebabkan putting menjadi tidak  refratil lagi.
4.      Dengan pisau tajam dan panjang lakukan lamelisasi seluruh jaringan mammae setebal 2 cm.

Pada hari kedua : pada radikal mastektomi: sobek jaringan lipat ketiak dan potong keluar semua kelenjar getah bening yang sama berwarna putih dan biasanya ditemukan kira-kira 20 buah.
Lalu potong jaringan puting susu setebal 2-3mm. Kemudian jaringan mammae diperiksa lagi potong-potong kecil, jika perlu buat potongan-potongan kecil atau buat potongan tambahan untuk pemeriksaan hitologis.


Uraian :
Buat catatan-catatan singkat pada waktu sediaan diperiksa yang  mencakup :
1.      Bagian (kanan atau kiri) dan jenis mastektomi: super radikal, radikal, modifikasi, simpel, subcutan.
2.      Sebutkan seluruh jaringan meliputi : kulit, puting susu, mammae, otot pectoralis mayor dan minor, fascia, jaringan lipat ketiak, dan dinding dada.
3.      Ukur berat dan garis tengah (kulit terpanjang dan garis tegak lurusnya).
4.      Bentuk dan warna kulit, bentuk puting susu, dan areola mammae.
5.      Jika ditemukan kelenjar getah bening periksa seluruhnya.

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali.

Kanker payudara dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
1.      Cystic
2.      Solid.

Jenis sampel jaringan mammae yang digunakan untuk pemeriksaan histology ada 2 jenis, yaitu :
A.    Biopsi mammae dan eksisi (pengeluaran) setempat
Adalah pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium.
B.     Mammae mastektomi
Adalah operasi pengangkatan payudara


DAFTAR PUSTAKA

1.      Prof. Dr. Mukawi, Tanwir Y. 1989. Teknik Pengelolaan Sediaan Histopatologi dan Sitologi. Bandung : FKUI.
2.      http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_payudara#Patofisiologi diunduh 20 oktober 2011 pukul 11.30 WIB

1 komentar:

{ Unknown } at: 19 Maret 2015 pukul 22.33 mengatakan...

Terima kasih sharing informasinya ...
oya untuk referensi yang lain mungkin bisa juga baca2 dihalaman ini http://www.tanyadok.com/tekno/memastikan-kanker-dengan-biopsi-jaringan , kamaren saya juga barusan baca2 di halaman artikel tersebut , sekarng sudah mulai paham..

Posting Komentar